Sabtu, 16 Desember 2017

KALUNG KEBESARAN KERAJAAN SINGARAJA BALI








KALUNG KEBESARAN KERAJAAN SINGARAJA BALI

Jenis : Perhiasan Nusantara
Nama : KALUNG KEBESARAN KERAJAAN SINGARAJA
Era : Tahun 1890 (abad ke-19)
Asal : Singaraja, Bali – INDONESIA
Material : Emas, Batu Mulia dan Batu Permata
Ukuran : 31,75 cm x 25,08 cm x 0,95 cm

Koleksi :
The Museum of Fine Arts Houston (MFAH)
1001 Bissonet, Houston, Texas 77005
United States of America

Keterangan:
Hadiah dari : Alfred C, Glasssell, Jr.
Pada abad ke-19, kerajaan Bali dalam kondisi makmur yang ditunjukkannya dalam upacara adat dan keagamaan. Untuk menunjukkan eksistensinya selaku penguasa dan untuk pemujaan kepada Tuhan, penguasa telah menugasi para seniman untuk membuat barang-barang kerajaan dengan kwalitas tinggi. Kalung Kebesaran Kerajaan ini dibuat oleh Istana Singaraja untuk suatu peristiwa perkawinan penting dalam kerajaan.

Bali adalah sebuah pulau berukuran kecil di Indonesian tapi kaya akan nilai budaya khususnya pembuatan perhiasan. Tradisi yang bersifat artistik merupakan warisan dari kebudayaan Jawa yang lebih tua dan pengaruh ornamen kebudayaan Hindu yang bergaya India. Seperti kebanyakan dalam budaya di Indonesia, emas dipercaya dapat memberikan kekuatan untuk kebaikan melawan keburukan. Juga merupakan simbul status yang tinggi karena nilainya status. Kalung kebesaran ini adalah bagian dari setelan dengan banyak bagian pakaian kebesaran kerajaan yang oleh Raja Gusti Agung Gede Agung pada tahun 1890 digunakan untuk kepentingan pesta pernikahan kerajaan. Hampir dari karya ini dan semua setelannya terbuat dari emas murni, membuktikan bahwa ini adalah karya yang agung.

Janganlah ditangisi bila artefak sejarah kita dimiliki Kolektor dan Museum ASING, mungkin itu dijarah saat masa penjajahan atau dijual orang kita sendiri atau bahkan anak keturunan yang sedang membutuhkan uang.

“AMATI DENGAN SEKSAMA, TANGKAP AURA-NYA. DAN CIPTAKAN YANG LEBIH INDAH DARI ITU. MEREKA TIDAK AKAN PERNAH BISA MENJARAH BAKAT DAN KELUHURAN YANG DIWARISKAN LELUHUR KITA”.









sumber :https://wilwatiktamuseum.wordpress.com/category/perhiasan-emas-nusantara/kalung-emas/page/2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar