Jumat, 12 April 2013

singo menggolo



"Magersari" Akar Kebudayaan Islam di Desa Baluk Kec. Karangrejo Kab. Magetan

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
    Manusia adalah makhluk hidup yang diberikan berbagai potensi oleh Tuhan, setidaknya manusia diberikan panca indera dalam hidupnya. Namun tentu saja potensi yang dimilikinya harus digunakan semaksimal mungkin sebagai bekal dalam menjalani hidupnya. Untuk memaksimalkan semua potensi yang dimiliki oleh kita sebagai manusia, tentunya harus ada sesuatu yang mengarahkan dan membimbingnya, supaya berjalan dan terarah sesuai dengan apa yang diharapkan. Mengingat begitu besar dan berharganya potensi yang dimiliki manusia, maka manusia harus dibekali dengan pendidikan yang cukup sejak dini. Dilain pihak manusia juga memiliki kemampuan dan diberikan akal pikiran yang berbeda dengan makhluk yang lain. Sedangkan pendidikan itu adalah usaha yang disengaja dan terencana untuk membantu perkembangan potensi dan kemampuan manusia.
    Secara sosiologi pendidikan adalah sebuah warisan budaya dari generasi kegenerasi, agar kehidupan masyarakat berkelanjutan, dan identitas masyarakat itu tetap terpelihara. Sosial budaya merupakan bagian hidup manusia yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari, dan hampir setiap kegiatan manusia tidak terlepas dari unsur sosial budaya.
    Salah satu akar pendidikan yaitu kebudayaan setempat. Untuk itu penulis mengadakan studi tentang budaya yang ada di Desa Baluk Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan dengan menelusuri sebuah dusun kecil dan unik yaitu dusun serut tetapi dikenal dengan magersari.

B.    Rumusan Masalah
    Rumusan masalah dalam makalah ini adalah bagaimana keterkaitan kebudayaan terhadap pendidikan pada tradisi yang ada di Desa Baluk Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan?

C.    Tujuan
    Untuk mengetahui keterkaitan kebudayaan terhadap pendidikan pada tradisi yang ada di Desa Baluk Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan.


BAB II
PEMBAHASAN
A.    Sejarah Budaya Magersari
1.    Pengenalan Lokasi
Magersari adalah sebuah dusun yang ada di Desa Baluk Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan. Magersari merupakan sebuah tempat dimana menjadi pusat terbentuknya tradisi yang ada di Desa Baluk. Banyak tradisi yang tercipta di sana yang masih berkembang sampai zaman sekarang ini.
Desa Baluk sendiri adalah desa perbatasan terletak di perbatasan Ngawi Magetan yang berada dekat di jalur utama Ngawi-Magetan. Adapun perbatasan wilayahnya adalah sebagai berikut :
•    Utara : sungai Keras Wetan
•    Selatan : Desa Maron
•    Barat : Desa Keras Kulon
•    Timur : Jalan Raya Ngawi-Magetan
Desa Baluk adalah desa terpencil akan tetapi berkembang dengan pesat. Itu terbukti dengan adanya sekolah-sekolah seperti MIN, MTsN, MA dan Perguruan Tinggi. Berkembangnya daerah ini tak lain karena pengaruh tradisi dan budaya yang ada di daerah setempat yang etrus dikembangkan oleh masyarakat.
Desa Baluk juga terkenal dengan sebutan desa agamis yang sampai saat ini masih melekat di desa tersebut. Sebutan itu diberikan karena di Desa baluk sendiri banyak sekolah-sekolah Islam yang berdiri, selain itu banyak mushola ataupun masjid yang masih menjaga eksistensinya yaitu dengan masih ada pengajaran-pengajaran tentang islam.
2.    Asal Usul Magersari
    Magersari adalah salah satu dusun yang ada di Desa Baluk Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan. Walaupun hanya dusun kecil tetapi dari sinilah muncul budaya-budaya yang tumbuh dan berkembang di desa setempat hingga era modern kini.
    Magersari merupakan tanah perdikan. Tanah perdikan adalah tanah yang pada masa dahulu yang diberikan tanpa pungutan pajak tanah bagi pemiliknya. Tanah perdikan magersari itu sendiri dulunya adalah milik Singo Menggolo atau terkenal dengan nama Damar Wulan. Singo menggolo adalah pendiri atau pelopor berdirinya Desa Baluk.
    Singo Menggolo membuka sebuah sayembara untuk dinikahkan dengan seorang putri keturunannya. Selain itu siapa yang menjadi menantunya akan diberikan tanah perdikan yang luasnya sekitar 5-10 hekar. Barang siapa yang akan menjadi menantunya haruslah orang yang  pandai, berwawasan agama dan jelas nasabnya.
    Hingga suatu ketika datanglah seorang pandai dan ahli agama yang bernama Hasan Ilyas. Beliau selain pandai dan ahli agama juga jelas nasabnya sehingga berhasil meninang keturunan Singo Menggolo. Selain itu Hasan Ilyas juga diberikan tanah perdikan itu yang kemudian diberi nama Serut Magersari.
    Hasan Ilyas merupakan seorang yang intelektualnya tinggi dan juga seorang pendakwah Islam.  Tahun 1927 beliau mendirikan sebuah masjid di magersari yang bernama Masjid Roudotul Huda yang digunakan sebagai langkah awal untuk menyebarkan agama Islam di Desa Baluk. Kemuadian dilanjutkan dengan mendirikan pondok pesantren, yang dimana pada masanya memiliki banyak santri hingga luar wilayah Magetan. Pondok pesantren yang ada di Magersari pada saat itu merupakan cabang dari pondok pesantren (ponpes) Al Fatah Temboro yang memiliki ribuan santri. Akan tetapi ponpes magersari untuk beberapa waktu lalu mengalami kemunduran hingga tidak lagi berfungsi. Akan tetapi pada saat ini keturunan dari K.H. Hasan Ilyas kembali meneruskan perjuangannya dengan dibangun kembali ponpes yang sekarang masih dalam tahap pembangunan.
    Ajaran-ajaran tentang islam masih kental maskipun K.H. Hasan Ilyas sudah meninggal dunia. Beliau membawa pengaruh bagi masyarakat magersari sendiri dan Desa Baluk. Selain itu ada tradisi yang ada dan berkembang di dalamnya yang akan dibahas pada sub bab berikutnya.
3.    Tradisi dan Budaya Daerah Setempat
3.1 Tradisi
    Berikut adalah tradisi dan budaya yang ada dan berkembang di masyarakat  :
1.    Gembrungan
Gembrungan adalah melafalkan sholawat dan lagu-lagu islami yang diiringi dengan rebana. Gembrungan biasanya digunakan untuk mengumpulkan masyarakat di masjid, di situ masyarakat diberi ceramah tentang agama.
2.    Jedoran
Jedoran yaitu alunan musik yang mengiringi temanten.
3.    Ziarah makan K.H. Hasan Ilyas
Ziarah makam K.H. hasan ilyas merupakan acara rutin yang dilakukan di Magersari setiap tahun tepatnya pada tanggal 3 Syawal.
4.    Haul K.H. Hasan Ilyas
Haul adalah memperingati hari meninggalnya seseorang. Ini merupakan acara lanjutan dari ziarah makam. Acara Haul ini biasanya diisi dengan pengajian umum gratis dan hiburan musik-musik islam.
5.    Nyadran
Nyadran sendiri biasa dikenal dengan bersih desa. Berbeda dengan daerah lain. Biasanya di daerah lain diperingati dengan alunan musik tradisional atau dengan tari-tarian sedangkan nyadran mengadakan sima’an. Sima’an yaitu menyimak dan menbaca Al Qur’an di masjid. Hal ini dilakukan supaya tidak menjadi syirik
3.2 Mitos
    Selain tradisi dan budaya yang berkembang di masyarakat juga diikuti dengan berbagai mitos yang berkembang di masyarakat. Mitos-mitos tersebut adalah sebagai berikut :
1.    Pedayangan. Pedayangan sendiri menurut cerita yaitu munculnya macan putih akibat dari adanya pertengkaran yang terjadi antara sesama keturunan K.H. Hasan Ilyas ataupun terjadi hal-hal yang tak diinginkan di magersari. Itu merupakan peringatan bagi keturunannya untuk tetap hidup rukun antara sesam, untuk bisa bertindak arif dan bijaksana.
2.    Berkembangnya mitos, apabila ada peralatan musik atau soundsystem yang digunakan untuk berpesta dia acara pernikahan dan melewati desa magersari, menurut masyarakat setempat peralatan musik tersebut akan mengalami gangguan. Karena menurut penduduk setempat, itu bukan merupakan buadaya magersari.

B.    Landasan Sosial Budaya terhadap Pendidikan
1.    Kebudayaan dan Pendidikan
    Kebudayaan menurut Taylor adalah totalitas yang kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, seni, hukum, moral, adat, dan kemampuan-kemampuan serta kebiasaan-kebiasaan yang diperoleh orang sebagai anggota masyarakat (Imran Manan, 1989). Kebudayaan produk perseorangan ini tidak disetujui Hasan (1983) dengan mengemukakan kebudayaan adalah keseluruhan dari hasil manusia hidup bermasyarakat berisi aksi-aksi terhadap dan oleh sesama manusia sebagai anggota masyarakat yang merupakan kepandaian, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan lain-lain. Sedangkan Kneller mengatakan kebudayaan adalah cara hidup yang telah dikembangkan oleh anggota-anggota masyarakat.
    Dari ketiga devinisi kebudayaan diatas, tampaknya devinisi terakhir yang paling tepat, sebab mencakup semua cara hidup ditambah dengan kehidupan manusia yang diciptakan oleh manuasia itu sendiri sebagai warga masyarakat (Made Pidarta, 1997 : 157).
    Antara pendidikan dan kebudayaan terdapat hubungan yang sangat erat dalam arti keduanya berkenaan dengan suatu hal yang sama yaitu nilai-nilai. Pendidikan membuat orang berbudaya, pendidikan dan budaya bersama dan memajukan. Makin banyak orang menerima pendidikan makin berbudaya orang itu dan makin tinggi kebudayaan makin tinggipula pendidikan atau cara mendidiknya. Karena ruang lingkup kebudayaan sangat luas, mencakup segala aspek kehidupan manusia, maka pendidikan sebagai salah satu aspek kehidupan dalam kebudayaan. Pendidikan yang terlepas dari kebudayaan akan menyebabkan alienasi dari subjek yang dididik dan seterusnya kemungkinan matinya kebudayaan itu sendiri. Oleh karena itu kebudayaan umum harus diajarkan pada semua sekolah. Sedangkan kebudayaan daerah dapat dikaitkan dengan kurikulum muatan lokal, dan kebudayaan populer juga diajarkan dengan proporsi yang kecil.
    Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa pendidikan adalah bagian dari kebudayaan. Bila kebudayaan berubah maka pendidikan juga bisa berubah dan bila pendidikan berubah akan dapat mengubah kebudayaan. Pendidikan adalah suatu proses membuat orang kemasukan budaya, membuat orang berprilaku mengikuti budaya yang memasuki dirinya. Sekolah sebagai salah satu dari tempat enkulturasi suatu budaya sesungguhnya merupakan bahan masukan bagi anak dalam mengembangkan dirinya.

2.    Keterkaitan Budaya Setempat dengan Pendidikan
    Antara pendidikan dan kebudayaan terdapat hubungan yang sangat erat dalam arti keduanya berkenaan dengan suatu hal yang sama yakni nilai-nilai. Dalam konteks kebudayaan, pendidikan memainkan peranan sebagai agen pengajaran nilai-nilai budaya. Bahwa pada dasarnya pendidikan yang berlangsung adalah suatu proses pembentukan kualitas manusia sesuai dengan kodrat budaya yang dimiliki.
    Budaya-budaya yang terlahir dan berkembang di Megarsari dan di Desa Baluk sendiri mengajarkan dan mendidik masyarakat setempat dengan nilai-nilai keagamaan. Nilai-nilai relegius ini yang selalu dipertahankan masyarakat agar anak keturunan tetap berada di jalan Allah SWT. Selain itu juga mengajarkan juga tentang kerukunan yang harus dilakukan setiap manusia. Selain itu juga falsafah-falsafah yang mengajarkan akan pentingnya bertindak arif dan bijaksana.


BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
    Kebudayaan adalah keseluruhan dari hasil manusia hidup bermasyarakat berisi aksi-aksi terhadap dan oleh sesama manusia sebagai anggota masyarakat yang merupakan kepandaian, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan lain-lain.
    Magersari adalah salah satu dusun yang ada di Desa Baluk Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan. Walaupun hanya dusun kecil tetapi dari sinilah muncul budaya-budaya yang tumbuh dan berkembang di desa setempat hingga era modern kini.
    Berbagai tradisi-tradisi berkembang di Magersari seperti nyadran, jedoran, gembrungan, acara rutin haul dll, itu semua tak lepas dari adat istiadat dan kepercayaan setempat yang menghasilkan pembelajaran bagi masyarakatnya. Pengajaran merupakan bagian dari pendidikan sehingga dapat disimpulkan bahwasanya pendidikan berakar dari kebudayaan.

5 komentar:

  1. Terimah kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
    telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
    sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
    punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
    kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
    Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
    tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
    lagi…terimah kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
    masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
    dinmr hp beliau (081-322-565-355) atau klik http://prediksiangkahoki88.blogspot.com/
    dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

    BalasHapus
  2. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

    BalasHapus
  3. Sedikit berbagi pengalaman siapa tau bermanfaat
    Sudah berkali-kali saya mencari tempat yang menyediakan pesugihan, mungkin lebihdari 15 kali saya mencari paranormal mulai dari daerah jawa Garut, Sukabumi, cirebon, semarang, hingga pernah sampai kebali , namun tidak satupun berhasil, niat mendapat uangdengan jalan pintas namun yang ada malah kehabisan uang hingga puluhan juta, suatu hari saya sedang isengbuka-buka internet dan menemukan website dari ustad hakim, sebenarnya sayaragu-ragu jangan sampai sama dengan yang lainnya tidak ada hasil juga, saya coba konsultasikan dan bertanya meminta petunjuk pesugihan apa yang bagus dan cepat untuk saya, nasehatnya pada saya hanya di suruh YAKIN dan melaksanakan apa yang di sampaikan pak.ustad, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Alhamdulilah akhirnya 2M yang saya tunggu-tunggu tdk mengecewakan, yang di janjikan cair keesokan harinya, kini saya sudah melunasi hutang-hutang saya dan saat ini saya sudah memiliki usaha sendiri di jakarta, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi ustad.hakim bawazier di 085210335409 pasti akan di bantu, atau buka websitenya agar lebih di mengerti
    http://pesugihan-islami88.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  4. Dapatkan Promo - Promo menarik dari club36bet.com Seperti BONUS NEW MEMBER - ROLLINGAN - REFFERAL
    Dan Masih Banyak Lagi.
    Rasakan Kemenangan Bermain Casino,agen togel,Bola,Batu Goncang,Slot,Sabung Ayam,Poker dan Domino yang
    MUDAH tanpa ROBOT didalam nya dan Dapatkan JACKPOT bersama club36bet.com

    Tunggu apa lagi Guys ^^

    *** Bonus ***
    - Bonus New Member 100%
    - Bonus 10% untuk senmua permainan
    - Bonus Refferal 2%
    - Bonus Rollingan Casino 0,8
    - Proses Deposit / Withdraw Yang Cepat
    - Dijamin Tidak Ada Robot Di Dalamnya 1000% Player VS Player
    - Pelayanan Dari Customer Service yang cantik,baik,sopan,ramah dan Online 24 jam ^^

    *Untuk info lebih lanjut silakan hubungi kami hanya di :

    Situs resmi kami:
    club36bet.com

    BM: D8C8DB2F
    Whatsapp: +6282246921168
    Line: club36bet
    WeChat: CLUB36BET

    *Support bank Kami :
    - [ CIMB ]
    - [ BCA ]
    - [ MANDIRI ]
    - [ BNI ]
    - [ DANAMON ]
    - [ BRI ]
    Mari bergabung bersama kami,club36bet.com agen togel online Terpercaya
    dan Rasakan Sensasi Kemenangan Serta Bonus~Bonus Kejutan Lainnya.

    BalasHapus