Senin, 07 Oktober 2013

EYANG PANDU PRAGULO PATI ARGO PARANG GUNUNG WILIS KEDIRI

ARGO PARANG GUNUNG WILIS KEDIRI JAWA TIMUR
PISOWANAN AGUNG EYANG PANDU PRAGULO PATI

CERITA RAKYAT
Pesona Wisata Ziarah Makam Eyang Prabu Pandu Pragolopati

Terletak di Dusun Parang Desa Parang Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri 

Memang belum banyak diketahui di Desa tersebut tepatnya berada dipuncak bukit terdapat pemakaman Raja Mataram dari “trah“ atau keturunan Putro Kusumo. Sebuah cerita perjalanan panjang intrik perebutan kekuasaan yang menyebabkan terbunuhnya satu keluarga kerajaan sampai melarikan diri ke wilayah Kediri. Terbentuknya nama nama desa sekitar tempat ini juga berasal dari riwayat pelarian keluarga Pandu Progolopati . Seperti Gringging yang mengisankan ketika dalam perjalanan sang raja merasakan “Gringgingen”/kesemuten, banyakan ketika beliau sudah merasakan sakit yang luar biasa, Peso ketika beliau harus memaksakan diri untuk mencapai perbukitan dan parang yang diartikan makam untuk raja ketika beliau menemui ajal disana.

Untuk menuju kelokasi ini dari trafic Pasar Banyakan Jalan Raya Kediri- Nganjuk ±15 km kearah Desa Parang, bisa ditempuh dengan menggunakan mobil atau sepeda motor melalui jalan beraspal yang mulus sampai kekaki bukit pertigaan dusun Parang bila kearah kanan menuju Goliman kekiri menuju makam lalu menyusuri punggung bukit sampai ke pemakaman. Bagi yang mempunyai hoby tracking perjalanan menyusuri jalan setapak ini tentu merupakan tantangan tersendiri karena medan yang dilalui juga lumayan menantang.

Lelah dan capek selama perjalanan akan terobati jika sudah sampai ke lokasi. Sejuknya hawa pegunungan yang belum tercemar polusi dan indahnya pemandangan wisata alam pegunungan semakin menambah keindahan tempat ini. Apalagi jika dilihat di malam hari maka hamparan pemandangan lampu lampu yang tampak dari atas menambah eksotisme tempat ini.

Dilokasi pemakaman ini terdapat 7 (tujuh) makam yang dikeramatkan yaitu makam Prabu Pandu Pragulopati bersama permaisurinya Kanjeng Putri Sutra Kenanga, Patih Respati, ibu Prabu Pandu Putri Sedyowati, dan ketiga anak anaknya yaitu Sri Kuning, Jaya Kapitrisna dan Mulyo Kusumo.

Setiap bulan Suro makam ini banyak dikunjungi keluarga besar kerajaan baik dari Solo, maupun dari Yogjakarta. Penduduk setempat sekitarpun selalu melakukan tradisi selamatan ditempat ini untuk menghormati keluarga yang dimakamkan disini. 
Refferensi tulisan(Hari S -Kominfo)









Eyang Prabu Pandu Pragulopati bersama permaisurinya Kanjeng Putri Sutra Kenanga,





EYANG SAPU JAGAD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar